Daftar 10 Manga Terlaris Sepanjang Sejarah! Urutan Berapakah Manga Favoritmu?



Membicarakan mana manga atau anime terbaik yang pernah ada, mungkin akan menjadi perdebatan yang sangat panjang. Banyak faktor yang bisa menjadikan sebuah anime atau manga layak disebut yang terbaik. Belum lagi faktor subjektivitas dari setiap orang dalam menilai mana manga atau anime terbaik.


Namun jika berpatokan pada penjualan manga terlaris sepanjang sejarah, mungkin kamu akan menemukan jawaban mana manga terpopuler sampai saat ini. Penasaran dengan manga mana yang paling terlaris?



10.Astro Boy




Astro Boy berada di peringkat sepuluh sebagai manga terlaris sepanjang masa. Manga yang di Jepang dikenal dengan Tetsuwon Atomu ini pertama kali dirilis pada tahun 1952 hingga 1968. Siapa sangka ternyata manga karya Osamu Tezuka ini mendapatkan respon positif dari pembaca, dan sampai sekarang pun Astro Boy disebut-sebut sebagai manga superhero paling populer.


Astro Boy sendiri menceritakan kehidupan Astro Boy, sesosok robot yang diciptakan oleh Doctor Tenma. Doctor Tenma sengaja membuat Astro Boy sebagai pengganti untuk mengenang anaknya bernama Tobio yang telah meninggal dunia karena kecelakaan mobil.


Astro Boy pun menjadi ikon superhero baru yang memiliki sifat rendah hati dan suka menolong walau banyak yang membencinya karena berbentuk robot. Sampai saat ini manganya sendiri sudah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.


9. Slam Dunk 


Boleh dikatakan Slam Dunk merupakan manga yang mengangkat tema olahraga basket paling populer. Manga yang terdiri dari 31 volume ini pertama kali dirilis tahun 1990 sampai 1996. Di Indonesia sendiri manga karya Takehiko Inoue ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.


Kesuksesan manga Slam Dunk terus berlanjut ketika diadaptasi ke dalam anime yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation dengan durasi 101 episode.


Slam Dunk menceritakan petualangan Hanamichi Sakuragi sebagai pemain basket SMA Shohoku. Pada awalnya, motivasi Sakuragi untuk bergabung dengan tim basket tersebut bukan karena ia jago bermain basket, melainkan tekadnya agar dapat meluluhkan hati Akagi Haruko, gadis yang menjadi idamannya.


Siapa sangka, ternyata Hanamichi bertemu Kaede Rukawa, saingan Sakuragi baik dalam hal percintaan maupun di lapangan basket. Ambisinya untuk menjadi pemain terhebat dan membawa klubnya juara pun mulai tertanam sejak saat itu.


Slam Dunk merupakan manga terlaris sepanjang sejarah yang berada di urutan kesembilan dengan penjualan sebanyak 120 juta kopi.


8. Oishinbo





Oishinbo merupakan salah satu manga paling panjang yang diterbitkan pertama kali tahun 1983. Manga yang ditulis oleh mangaka Tetsu Kariya dan diillustrasikan oleh artis Akira Hanasaki ini masih terus terbit sampai sekarang.


Oishinbo mengetengahkan cerita tentang dunia masak-memasak. Melalui manga ini, kamu akan disuguhkan berbagai hidangan baik itu minuman atau makanan Jepang yang menarik. Selain itu, tak jarang manga ini juga mengangkat makanan-makanan luar negeri.


Sejauh ini manga Oishinbo telah terjual sebanyak 130 juta kopi dan menjadikan salah satu manga terlaris sepanjang sejarah.

7. Detective Conan




Mungkin bukan hal mengejutkan jika manga karya Aoyama Gosho ini masuk sebagai manga terlaris dalam sejarah. Pertama kali muncul dalam majalah mingguan  Shonen Sunday, manga Detective Conan terus menjadi salah satu manga yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu.


Cerita Detective Conan bermula ketika seorang detektif remaja bernama Shinichi Kudo yang diserang oleh dua anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Tak sampai di situ, Shinichi pun dipaksa meminum racun yang mengubah ukuran tubuhnya menjadi kecil layaknya anak umur lima tahun.


Shinichi Kudo terpaksa mengubah identitas dirinya menjadi Conan Edogawa dan mencari siapa sebenarnya organisasi misterius yang membuat ukuran tubuhnya mengecil.


Sampai saat ini manga Detective Conan berhasil terjual lebih dari 150 juta kopi di seluruh dunia.

6. Kochikame




Sama dengan manga Detective Conan dan Oishinbo, Kochikame juga merupakan manga yang masih terbit sampai sekarang. Manga karya Osamu Akimoto ini pertama kali dirilis tahun 1976 dan dimuat di majalah mingguan Shonen Jump. Meskipun manga Kochikame dikhususkan bagi orang dewasa, naman tak sedikit pula anak-anak yang menyukai karakter Kankichi Ryotsu, sang tokoh utama.


Manga ini berfokus pada kisah Ryotsu sebagai polisi yang sering melakukan berbagai macam hal-hal konyol dan bisa membuat yang pembaca tertawa terpingkal-pingkal. Tak aneh Kochikame menduduki peringkat enam sebagai manga terlaris sepanjang sejarah dengan penjualan lebih dari 156 juta kopi.


5. Black Jack




Meskipun tidak begitu populer di Indonesia, Black Jack merupakan salah satu manga terlaris sepanjang sejarah. Manga yang ditulis dan diilutrasikan oleh Osamu Tezuka ini pertama kali terbit di tahun 1973 dengan mengusung tema dunia kedokteran.


Meskipun hanya memiliki 17 volume yang berakhir pada tahun 1983, namun manga Black Jack berhasil terjual sampai 176 juta kopi lebih di seluruh dunia.


4. Naruto




Seperti sudah diprediksi, manga Naruto masuk jajaran sebagai manga terlaris sepanjang sejarah. Dikarang oleh salah satu mangaka legendaris, Masashi Kishimoto, manga Naruto pertama kali terbit pada tahun 1999 yang diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump.


Di Indonesia, manga Naruto diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan langsung mendapat sambutan hangat dari pembaca tanah air. Kesuksesan Naruto terus berlanjut sampai diadaptasi menjadi anime pada tahun 2002. Sampai saat ini pun, Naruto masih menjadi animanga paling populer di dunia.


Dari sisi penjualan, manga Naruto sudah berhasil terjual lebih dari 220 juta kopi dan tentunya angka ini akan terus bertambah.

3. Dragon Ball



Tidak ada yang bisa meragukan bagaimana manga Dragon Ball mampu menghipnotis jutaan pembaca komik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Manga legendaris karya Akira Toriyama ini pertama kali dirilis tahun 1984 dan menjadi manga favorit kala itu.


Untuk Indonesia sendiri, manga Dragon Ball masuk lewat Rajawali Grafiti, sebelum Elex Media Komputindo mengambil hak cipta Dragon Ball.


Dengan penjualan lebih dari 230 juta kopi, Dragon Ball menjadi manga terlaris ketiga sepanjang sejarah.



2. Golgo 13




Mungkin namanya masih terdengar asing ditelinga orang Indonesia, namun siapa sangka manga yang telah terbit selama hampir 50 tahun ini merupakan manga terlaris nomer dua sepanjang sejarah. Manga ini berhasil mengalahkan manga-manga terkenal seperti Naruto, Doraemon, hingga Detective Conan dengan rekor pejualan sebanyak 280 juta kopi di seluruh dunia.


Manga Golgo 13 memiliki judul asli Gurogo Saratin yang merupakan karya mangaka Takao Saito. Sejak muncul pertama kali di majalah Big Comic pada Oktober 1968, manga ini telah memiliki 1000 episode lebih dengan 170an buku/jilid.


1. One Piece



Dan yang menjadi manga terlaris sepanjang sejarah diraih oleh, ya tentu saja One Piece! Tidak ada yang bisa mendebat kenapa manga karya Eiichiro Oda ini menduduki peringkat pertama sebagai manga terlaris.


Semua berawal pada tahun 1997, ketika Eiichiro Oda pertama kali menerbitkan manga One Piece di Shonen Jump terbitan Shueisha. Selebihnya, mungkin kamu sudah tahu dan merasakan bagaimana petualangan Luffy dkk mencari harta karun bernama “One Piece” bisa menghipnotis pencinta manga di seluruh dunia. Sampai saat ini, manga One Piece telah berhasil terjual lebih dari 320 juta kopi dan akan terus bertambah.




Nah jika dilihat dari rekor penjualan, manga One Piece bisa disebut sebagai manga terbaik dan populer mengalahkan manga-manga lainnya seperti Dragon ball dan Naruto. Kamu setuju?


Sumber : DUNIAKU NETWORK






Suka artikel ini? bagikan

Facebook Google Plus Twitter

Click here for comments 0 comments: