Wisata Curug Cibereum Sukabumi

Salah satu curug atau air terjun yang ada di Sukabumi ini sangat tinggi, yaitu 54 meter atau kira – kira setara dengan gedung 10 lantai. Bayangin air jatuh dari atap gedung berlantai 10, nah seperti itulah Curug Cibeureum. Curug Cibeureum terletak di kawasan wisata alam Pondok Halimun yang juga masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gedung Gede Pangarango (TNGGP). Curug Cibeureum berarti air terjun berwarna merah (beureum = merah dalam bahasa sunda). Pasti orang yang suka hal – hal gaib langsung berspekulasi. Ternyata warna merah ini dihasilkan karena banyak ganggang merah yang hidup disana, sehingga membuat air terlihat berwarna merah.

Untuk masuk kedalam kawasan wisaya ini, pengunjung diharuskan membeli tiket seharga Rp5.000 ketika masuk kawasan perkebunan teh, dan Rp 3.000 ketika masuk kawasan Pondok Halimun. Untuk mencapai lokasi curug, kita harus berjalan sejauh 3.5 Km atau kurang lebih 2 jam. Medan yang akan dilalui juga cukup berat dan melelahkan. Selain itu hati – hati, disini juga banyak pacet, baik pacet darat ataupun pacet air.  Curug Cibeureum ini dibuka dari jam 08.00 hingga pukul 14.00. Jika cuaca sedang buruk dan dirasa membahayakan, kunjungan dapat ditolak oleh pengelola. Di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman hangat, seperti mie rebus, kopi, bandrek, bajigur, jagung bakar dsb.   

Lokasi
Terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 50' 22.46" S  106° 57' 27.82" E 

Akses Menuju Curug Cibeureum

Untuk bisa menuju Curug Cibeureum yang berada di kawasan wisata Pondok Halimun, kita bisa menggunakan kendaraan umum dari kota Sukabumi menuju kawasan Selabintana. Kita bisa menggunakan angkutan kota warna putih (No 14), turun di jalan Siliwangi, kemudian naik angkot warna merah jurusan Salabintana (No 10). Kemudian kita bisa berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 2 Km atau selama 1 jam menuju gerbang Pondok Halimun, lumayan L. Terkadang ada angkot yang langsung masuk ke kawasan Pondok Halimun ya tapi ongkosnya pun 2x lipat. Atau kita bisa menggunakan kendaraan pribadi langsung menuju Pondok Halimun.  (Harga tiket merupakan gabungan bersama parkir, itupun jika tidak menginap)





Penginapan di Curug Cibeureum

Buat kamu yang mau bermalam di dekat kawasan TNGGP tapi tidak mau berkemah ? Kawasan wisata Selabintana terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa kamu sewa. Hotel – hotel dan penginapan disini tidak kalah bagus dan nyaman disbanding tempat wisata terkenal lainya. Nah buat kamu yang mau berkemah terdapat 4 lokasi bumi perkemahan disini. Lokasi Pertama itu adanya di gerbang TNGGP Resort Selabintana, cocok untuk keluarga yang ingin berkemah . Lokasi kedua berada 500 meter dari gerbang TNGGP. sedangkan lokasi ketiga dan keempat berada 800 meter dari gerbang TNGGP dan sangat dekat dengan hutan rimba. Lokasi berkemah 2,3 dan 4 untuk kegiatan yang lebih besar. Bumi perkemahan disini sudah lengkap dengan fasilitas gazebo, MCK, mushola & aula.


Tips wisata Curug Cibeurueum

  • Gunakan pakaian yang nyaman untuk perjalanan anda menuju lokasi Curug Cibeureum
  • Gunakan pakaian yang menunjang untuk naik gunung seperti sepatu sepatu boot, jaket / pakaian lengan panjang, handuk dan tas ransel Bawalah perbekalan seperti makanan dan minuman untuk diperjalanan
  • Gunakan pakaian yang tertutup seperti sepatu, kaos kaki, lengan panjang yang rapat, karena pacet bisamasuk ke dalam pakaian dan menghisap darah kita, apalagi jika pakaian kita terbuka.
  • Jika pacet menghisap darah kita jangan langsung dicabut, tapi sentil perlahan agar pacet terlepas.
  • Bawalah tembakau, garam atau minyak angin untuk mengusir pacet yang sedang menghisap darah kita.
  • Bawa uang yang cukup  :) 

Suka artikel ini? bagikan

Facebook Google Plus Twitter

Click here for comments 0 comments: